Jumat, 18 September 2015

PS3 TIBA-TIBA HANG / CRASH / FREEZE SAAT SAVING ATAU LOADING GAME ? INI SOLUSINYA

Pernah ane lagi asyik-asyiknya main GTA V, pas misi selesai, lagi save, ane tungguin kok luaama banget ga main-main... freeze atawa hang nih ceritanya.....
Ga cuma itu aja, pernah juga pas main Battlefield 4. Terulang lagi, hang sewaktu saving mau load scene selanjutnya.


Agan-agan pernah ngalamin juga? Atau baca artikel ini karena lagi ngalamin gan?
Tenang gan, semua itu ada solusinya. Ga perlu panik, ga perlu buru2 dijual PS3 nya, ga usah marah2 ke yang jual PS nya juga.

Analisa 1 :

Kalo Agan main di PS3 CFW, ada kemungkinan filenya corrupt, atau ga sempurna ke copy di harddisk. Solusinya terpaksa delete gamenya, copy ulang gan.
Kalo Agan main di OFW, ga mungkin corrupt, karena file game ada di Blueray atau BD nya. Kecuali agan download dari PSN, mungkin perlu diulang lagi downloadnya. Siapa tau jaringan pas lagi error jadi ga sempurna download file nya.

Analisa 2 :

Ini yang sering terjadi gan. TERLALU BANYAK Save-save an game, dan mungkin terlalu banyak user account di PS3 Agan.
Save-save an game coba diringkas lagi gan. Yang ga pernah dimainin lagi, dihapus aja.
User Account local yang bisa dibuat sebenernya maksimal 16, uda standar dari Sony. Tapi klo 16 itu ada isinya semua, dan save-save an gamenya juga banyak semua. Sudah pasti hang atau freeze. Solusinya ya dipangkas aja user account nya, ga perlu banyak-banyak. Plus tadi itu, save-save an juga diperhatiin jumlahnya.


Analisa 3 :

Klo 2 hal di atas sudah dilakukan, tapi tetep hang atau freeze. Berarti harus lakukan REBUILD DATABASE. Karena biasanya file yang di delete secara manual dari PS3 tidak hilang semuanya, masih ada sisa-sisanya, terutama kalo PS3 Agan CFW.


Cara Rebuild Database :
  • Masuk ke SAFE MODE gan. Waktu PS3 agan standby, kan nyala merah lampu LED kecilnya. Tombol Power nya dipencet terus ditahan. Tahan terus gan, ampe bunyi Tit 3 kali... (tit...tit...tit). Abis itu lepas. Terus tekan dan tahan lagi sampe bunyi Tit 4 kali... (tit...tit...tit...tit...), lepas tombolnya.
  • Tar ada perintah di screen TV agan. Klo ga muncul, ulangi lagi langkah di atas. Klo uda muncul perintah, stik PS3 nya disambungin ke PS3 pake kabel USB nya. Trus di nyalain stiknya.
  • Pilih 'Rebuild Database'... trus tunggu prosesnya sampe selesai. Agak lama dikit....
Nah kalo uda Rebuild Database, coba mainkan gamenya.

So far, begitu Save-save an diringkes, user account ga terlalu banyak. Dan Rebuild Database udah dilakukan. PS3 ane ga pernah hang atau freeze lagi sampe sekarang. Btw PS3 ane Slim OFW.

OK, Good Luck Gan, selamat mencoba.

75 komentar:

  1. Bro boleh tau id ps3 nya gak

    BalasHapus
  2. bro kalo game nya blackscreen pas load game nya gimana ?? saya pake ps3 CFW

    BalasHapus
  3. bro kalo game nya blackscreen pas load game nya gimana ?? saya pake ps3 CFW

    BalasHapus
  4. Gan mau nanya neh, ps3 slim ane klo buat maen gt5 di tengah jalan pasti nge hang, hanya untuk gta 5 , klo untuk game lain lancar jaya...knp y? Tu gr2 save data ane hapus scr manual, trus ane install dr awal lg...tp pas maen,dr awal, masuk misi awal franklin nge hang lg gan...mhn solusinya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya saranin hapus semua game data yang ada di ps3 slim agan...kemungkinan HDD agan Penuh...jadi setiap memainkan game GTA5 hang/freeze.

      Hapus
    2. grafis nya di dalam game gta kurangi bro jangan di buat high

      Hapus
  5. GTA5 Memang sering sekali Stuck ... solusi yang baik selain rebuild Database adalah. Dengan menghapus User . Dan membuat User Baru Otomatis Corrupt data akan teratasi .. dan memulai game dari awal Semua . Sekian terimakasih

    BalasHapus
  6. agan ps3 slim sy ofw barusan habis beli kaset pes2017 pas pertama cobain gamenya boleh, tapi pas mau main lagi tiba2 hang di loading gan. trus sy sdah hapus save data pertamanya dah bisa lagi, tapi pas mau udte liveupdte untuk pemain tiba2 hang lagi di loading. ada saran gan?

    BalasHapus
  7. Dan mau tanya ane baru Up Date pes 2013 terbaru pas Lagi main become legend tiba2 kayak macet gt,diulang lg macet lg solusi nya Ap y gan mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  8. Gan ane mau nanya game gran turismo ane kok katanya insufficient space ya katanya butuh 32 mb di hdd internal tp hdd internal ane di system info nya msh ada 5 gb, mohon penjelasannya gan, btw ps3 ane CFW

    BalasHapus
  9. Gan ps3 saya ode e3 pro. Saya main devil may cry 4. Pada awalnya lancar2 aja tapi pas masuk stage2 akhir sering hang jadi blank hitam layarnya. Dan kalau sudah begitu saya matikan hidupkan masih tetap begitu. Tapi kl sudah direstart ganti game lain tidak masalah. Apa iti game copy ada yg korup?

    BalasHapus
  10. gan ane maen battlefield 4 pas mau misi ke 2 yang mau masuk hotel abis turun dari mobil van kog keluar sendiri ya, pdhal udh ku rebuild database jga..Solusi.a gmn gan?

    BalasHapus
  11. Gan ane baru beli ps1..tapi agak susah cari cd game nya..yaudah ane beli bd ps4 meski seharga sama ps1 nya gpp ane beli..ane beli nioh bd ps4 gan..tp kok malah ga jalan ya gan? Mohon pencerahan gan supaya ps1 ane bisa maenin bd ps4 gan..terima kasih

    BalasHapus
  12. bang saya kan instal ulang GTA 5 kenapah dinstalan 4472 kenapa berhenti ??

    BalasHapus
  13. Kenapa Ya koq Di PS 3 Saya Ga di Game di Game Sama aja Nge Lag.....Di Matikan terus di hidupin lgi ttep Nge Lag

    BalasHapus
  14. mau tanya gta v online saya pas balapan sama lamar yang pertama saat finish itu eror ga keluar apa apa cuma jalanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf nih sama kaya saya alamin
      Bdw udah nemu solusinya blum gan?

      Hapus
  15. mau nanya,saya main MGS IV..pas selesai scane di salah satu story tiba2 blank gak mau lanjut..solusi nya apa ya gan?

    BalasHapus
  16. kalau pes2013 corrupt, harus delete dulu nnti bisa balik lagi gak..? bisa dicopy tanpa usb atau copy HDD internal maksudnya bisa ngga? thx gan

    BalasHapus
  17. Kalau saya saat save game freeze sementara tapi kalau bnyak yang di buang file install lagy aama aja solisinya gimana gan

    BalasHapus
  18. Kalau saya saat save game freeze sementara tapi kalau bnyak yang di buang file install lagy aama aja solisinya gimana gan

    BalasHapus
  19. Gan mau tanya saya baru beli game The last od Us di PSN
    Waktu saya download game gak masalah
    Pertama instal juga lancar tapi waktu di 43,48 % stuck alias macet gak jalan2
    Jaringan udah saya coba ganti di hp tapi tetep aja
    Dan sempet nongol kode error 80010514 yang saya searching katanya optik lensa nya kotor
    Menurut agan gimana solusinya ?

    BalasHapus
  20. Gan mau tanya dong
    Ane berapa kali main online pas misi balapan sama si lamar pas udah menang ko stuck di jalanan gitu ya gk kelar2 padahal koneksi bagus. Mungkin ada yg pernah ngalamin
    Ps ane ps3 ofw.

    BalasHapus
  21. Gan game PS 3 ane macet nih game cod tapi led mah ijo gak merah kalau mau keluar caranya gimana

    BalasHapus
  22. Saya mau nanya dong. Saya kalo main gta5, pas tekan star atau ngesave. Itu ngehang. Itu solusinya gimana ya gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. D'update ja gan versinya pnya sya jg kyk gtu skrng gx prnah ngehang

      Hapus
    2. Versi ps nya apa game nya gan

      Hapus
  23. Fun control yg cocok bwt CFW apa ya, supaya smua game ttep lancar

    BalasHapus
  24. Gan ps3 ane klo main game loading lama kadang nge-lag tapi klo udah main sekitar 10 menitan lancar lagi itu knapa ya gan..???

    BalasHapus
  25. Klo saya malah pas start langsung da loadingnya stuck. Ps 3 saya seri 30xx

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan...gmn cara nya perbaiki nya ya...setiap pencet start lgsung stuck /freeze

      Hapus
  26. Gan mau nanya ps3 ane freeze di angka 0 saat melakukan rebuild database apa yang harus kulakukan. Butuh pencerahanya thanx a lot

    BalasHapus
  27. Sudah sy lakukan dgn cara abang, tp tetap hang.
    Solusinya bang

    BalasHapus
  28. Bng ps3 saya kan udah di rebuild database, kenapa kalau main masih nge freeze(macet sendiri) ?

    BalasHapus
  29. Emang klo ps itu susah untuk tahan lama mending klian beli PC klo ga mau pusing

    BalasHapus
  30. Klo ga mau pusing mending beli pc

    BalasHapus
  31. Bagi yg sudah melakukan semua cara diatas namun masih error, mungkin bisa pake cara ini :

    Kasus saya GOW : Ascension yang error, sudah masuk ke game, namun setelah tulisan "Santa Monica" Production, sampe situ berhenti/hitam (tidak jalan)

    Yang saya lakukan :
    Pada XMB, di Row "Game" scroll ke bagian paling atas, akan ada file "Game Data Utility" setelah click itu, saya hapus semua yang GOW : Ascension, lalu restart PS3 and Play, dan bisa..



    BalasHapus
  32. Gampang mengatasi Ylock, 087871800227Wa saya
    Daerah sejabodetabek!

    BalasHapus
  33. Punyaku CFW, maen game RE5 tiba2 pas maen load lama langsung keluar dari gamenya .itu kenapa yak?

    BalasHapus
  34. Kalo gw main gta5 main biasa ga lag atau freeze, pas gw jalanin misi gta5 si michael tiba2 lag lag an trs gmn solusiny ya?

    BalasHapus
  35. Gan mau konsul nih. Knpa ya klo maen PES2020 di ps3 tiba pas maen macet di pertengahan.

    BalasHapus
  36. Gan..
    Pnya sya bru instal ulang..
    Trus/di format ulang smua..
    Hbis tu sya isi game GTA lgi..
    Trs sya main krang lbih 1 jam.. Lgi asyik" main, mala macet.!!
    Solusinya apa ya gan.?

    BalasHapus
  37. kalau di game god of war 3 ps3 gak bis d R1 mau mindahkan batu gak bisa gan gimana cara settingnya?

    BalasHapus
  38. Gan GTA 5 Saya waktu pencet start di stik/membuka map knp langsung nge hang ya? Ps3 saya OFW

    BalasHapus
  39. Gan kenapa ya ps ane seri cechl cepet panas terus fan 55% apa aman gan?suka tiba tiba freeze dan pas mau dinyalain lagi susah gan apa itu ylod?

    BalasHapus
  40. Gan,kenapa gamenya masih ngefreeze,padahal udah diinstall ulang,sama REBUILD Database nya?

    BalasHapus
  41. Gan kalo di buat gema god of war.selalu mati apa nya ya.

    BalasHapus
  42. Gan knp yah pada saat saya mainin GTA V ..biasa tiba2 macet n ps nya bunyi keras tiiiiiiitt ...itu knp yah.??

    BalasHapus
  43. Suhu ps ane slim cech 4012B tiap main gtav tengah jalan suka ngehank apa yg salah ya. Maaf saya baru beli ini

    BalasHapus
  44. Saya baru saja isi game Uncharted 3 dan pas waktu saya main gameny malah loading ny lama, 1 sampe 2 jam gak kelar² apakah bisa diatasi?
    PS 3 saya CFW

    BalasHapus
  45. Gan aku kan udah download god of war ps3 tapi kok setelah di buka game nya tiba2 balik sendiri ke menu xmb ps3 ku hfw tolong bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Game dri multiman bro ? Kalau iya emang gitu bro.. Setelah klik game terus keluar di xmb game ya.. Nah entar muncul game nya di xmb tinggal klik langsung main

      Hapus
    2. Game dri multiman bro ? Kalau iya emang gitu bro.. Setelah klik game terus keluar di xmb game ya.. Nah entar muncul game nya di xmb tinggal klik langsung main

      Hapus
  46. Gan mau nanya kalo ane mainin game ps3 the last of us (game cfw) itu kalo pas ada tulisan loading kok lama banget, kira2 itu masalahnya apa gan dan mohon bantuan utk solusinya gan, terima kasih sblmnya🙏

    BalasHapus
  47. Gan game gta 4 saya tiba tiba gak ada ilang begitu saja dan pas main game setelah quit tiba tiba ngefreeze kenapa ya ada yg bisa bantu apa masalahnya

    BalasHapus