Minggu, 27 September 2015

REVIEW / ULASAN Game PS4 : UNTIL DAWN (Sukses Mengusung Tema Horror Slasher)


Berbicara tentang game UNTIL DAWN yang rilis ekslusif hanya di konsol PS4, kesan yang ane dapatkan setelah memainkannya adalah LUAR BIASA gan...!!! Game yang mengusung genre horor ini unggul dalam banyak hal.

Grafiknya bagus dan halus banget gan, bahkan kalo ane bandingkan dengan The Order 1886. Walaupun dua game itu sama-sama banyak adegan yang seting lokasinya di tempat gelap. Until Dawn masih jauh lebih baik dari segi pencahayaan dan warna. Untuk motion capture nya, wajah karakter Sam mirip banget sama aslinya Hayden Panettiere. Voice acting dan dialog-dialognya juga mengalir natural. Voice acting ini yang sebetulnya bikin ane naksir game ini.


Game ini juga memiliki kemungkinan ending yang banyak. Endingnya bisa semua karakter mati, atau semua karakter hidup selamat dan happy ending. Nah semuanya itu ditentukan oleh Agan sendiri yang memainkannya. Karena gameplay nya adalah tentang menentukan pilihan-pilihan. Dan pilihannya itu kompleks banget gan. Misal agan pilih satu keputusan, hasilnya akan berpengaruh ke sepanjang cerita. Keputusan yang agan pilih bisa bikin antar karakter berantem, atau mungkin antar karakter tetap berteman tanpa ada rasa dendam. Jadi intinya jangan salah pilih kalo Agan menginginkan semua karakter hidup di ending game.


Kalo dilihat dari genre horor nya sendiri, sebetulnya ga seseram game macam Silent Hill atau mungkin Fatal Frame. Hanya saja di Until Dawn banyak adegan yang bikin kaget. Jadi walaupun ane pribadi termasuk menghindari genre horror karena takut maininnya. Tapi Until Dawn ga begitu hardcore, ane masih bisa menikmatinya

Yang memang paling unggul dari game ini adalah jalan cerita nya yang kuat banget. Alurnya ga ketebak, dan akan membuat Agan bertanya-tanya di sepanjang game. Ceritanya bahkan menurut ane lebih kompleks dan dalam dibandingkan film-film horor slasher yang pernah ane tonton. Kalo Agan pernah nonton Scream, I Know What You Did Last Summer, dll. Semuanya lewat, Until Dawn lebih kuat dalam cerita.

KEKURANGAN

Dalam gameplay ada adegan yang mengharuskan Agan mengendalikan satu karakter, untuk berjalan dari satu tempat ke tempat yang lain. Nah adegan jalannya ini yang kadang lama, monoton, dan bikin boring. Karena kita uda keburu pingin tau apa cerita selanjutnya. 

TIPS ENDING GAME DENGAN SEMUA KARAKTER HIDUP & SELAMAT

Jessica
Sewaktu adegan di kabin bersama Mike, doi bakal diculik. Nah si Mike ini bakalan ngejar. Sewaktu ngejar selalu pilih jalan yang berisiko, jangan pilih rute aman. Dan di pilihan terakhir pilih slide down. Intinya jangan pilih jalan aman, karena kalo lewat rute aman si Mike akan lebih lama sampe tempat, si Jessica nya keburu dibunuh.

Matt
Sewaktu Agan menghadapi banyak rusa, jangan dilawan pake kapak. Biarin dan bergerak maju aja. Trus pada waktu adegan Tower rubuh, jangan pilih berusaha menyelamatkan Emily. Pilih langsung lompat aja. Setelah itu, di Quick Time Event, usahain jangan ada yang salah waktu Agan disuruh mencet tombol X, O, kotak atau segitiga.



Chris
Sewaktu doi dihadapkan pilihan membunuh Ashley atau Josh di perangkap circular saw. Pilih untuk mengorbankan Josh. Kemudian di saat adegan diikat satu tangan di kursi dan harus memilih menembak Ashley atau bunuh diri. Pilih yang menembak diri sendiri gan. Kemudian pas dikejar ama Wendigo, Agan harus bisa nembak dengan tepat.

Emily
Waktu adegan di gua bekas pertambangan, semua Quick Time Event harus benar semua jangan ada yang salah. Tipsnya Agan pilih tinggalin conveyor belt, ambil rute yang lain. Karena QTE nya lebih gampang. Plus sewaktu doi mau ditembak ama Mike, jangan biarin Mike nembak doi.


Ashley
Karakter ini harus Agan biarkan tetap di dalam kelompok. Jadi kalo ada pilihan selidiki suara atau tetap dalam grup, Agan pilih doi untuk tetap bersama teman-temannya



Sam
Di chapter akhir mau ending, agan harus tepat mencet tombol QTE nya, jangan ada yang salah. Dan bener-bener jangan bergerak sewaktu Wendigo nya mau nangkep doi

Mike
Di chapter akhir juga, sewaktu memainkan karakter Sam, pastikan Agan lebih memilih untuk menyelamatkan Mike.

Josh
Dapetin Clue yang ada di sepanjang game, yang tentang Hannah bikin tato kupu-kupu. Tar ada spesial ending buat Josh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar