Jumat, 25 September 2015

REVIEW / ULASAN Game PS3 : FUSE (Game dari EA yang Tidak Banyak Terdengar)


Awalnya ane tau game FUSE PS3 dari trailernya sewaktu acara E3 sepertinya tahun 2013. Pas liat trailernya di YouTube, uda langsung naksir banget sama FUSE. Cuma ga tau kenapa kok seakan game ini menghilang, video trailernya jarang muncul di timeline. Dan Hype nya juga ga ada waktu itu, mungkin ketutup ama promo dan animo gila-gilaan dari game Tomb Raider, The Last of Us, GTA V yang juga rilis tahun 2013. Plus ditambah lagi review dari beberapa situs game yang menyebutkan kalo FUSE ada di peringkat mediocre, bagus gak, jelek juga gak....

Nah menurut ane pribadi setelah beli BD (Blueray Disk) FUSE dan memainkannya. Bagus kok gameplay nya... cuma ceritanya biasa aja. Klise banget, ada sekelompok teroris ingin mengambil alih dunia lewat teknologi persenjataan dari materi alien luar angkasa yang dinamakan Fuse. Kemudian muncul 4 jagoan yang ditugaskan menghentikan mereka. Yup, itu aja inti ceritanya. Walaupun secara voice acting, dan dialog-dialog dalam game bagus tidak kaku. Namun tidak didukung dengan cerita yang kuat.


Untuk grafik, entah tipi LED ane yang jelek ato gimana, di awal-awal game keliatan ada yang kurang gan. Tapi begitu nanti masuk ke level-level selanjutnya baru keliatan bagus. Artinya, grafiknya ga stabil dalam kualitas, padahal jarang game yang rilis tahun 2013 punya kualitas yang tidak amazing. Ditambah lagi game itu dirilis oleh EA Games, yang notabene selalu membuat game dengan kualitas grafis mumpuni, macam Crysis, Dead Space, Mass Effect. Mungkin ini yang membuat FUSE tidak dilirik banyak gamer, karena pastinya dibandingkan dengan judul-judul PS3 lain yang rilis di tahun 2013.

Kalo gameplay nya unik sih. Agan bisa pilih mau main pake yang mana dari 4 karakter. Dalton bisa bikin perisai, yang perisainya bisa nangkep peluru musuh trus dilontarkan balik ke musuh. Naya ahli Stealth, senjatanya bisa bikin Black Hole kecil. Kimble jago Sniper, pake macam crossbow gitu. Panahnya juga bisa bikin musuh terbakar. Belum lagi ada Izzy, ini karakter yang ane mainkan pertama kali, ahli medis dalam tim. Bisa lempar Med Beacon buat nyembuhin temen, dan senjatanya bisa bikin beku musuh jadi kristal.


FUSE juga mengharuskan agan bergerak lincah, lompat kesana kemari menghindari bom dan serangan dari musuh lainnya. Jadi kalo di game Third Person Shooter yang lain, Agan bisa sembunyi diem di tempat nunggu peluru berhenti. Tapi di FUSE beda, Agan harus lincah bergerak, ga bisa diem di satu tempat. Karena variasi serangan musuhnya banyak.


Unsur gameplay Stealth juga ada disisipkan di game ini, hanya saja agak nanggung Stealth nya. Cuma di awal-awal game ane bisa bunuh musuh pake Stealth, selanjutnya susah banget. Ujung-ujungnya balik lagi jadi tembak menembak rame-rame. Selain unsur Stelath, ada unsur leveling up juga untuk tiap karakter unlock skill tertentu yang disisipkan dalam game ini.

KESIMPULANNYA

Kekurangan game ini ada di grafik, yang tidak sama kualitasnya dari awal sampe akhir game. Dan cerita yang terlalu sederhana, tidak digali terlalu dalam.
Keunggulannya, gameplay nya asyik dengan konsep gamer harus lincah bergerak karena gameplay yang disajikan adalah dengan konsep tembak menembak yang kacau balau. Selain itu, ada empat karakter yang bisa dimainkan juga menjadi keunggulan dan Replayability dan game FUSE ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar